Sejak memberikan MPASI maka penting untuk mulai mengenalkan beragam jenis sayuran agar anak bisa mengetahui berbagai macam rasa. Kadar pemberiannya juga disesuaikan dengan usia agar tidak kelebihan serat. Salah satu jenis sayuran yang bisa diberikan untuk bayi saat MPASI adalah bubur tim wortel dengan tips memberikannya sebagai berikut.

Kandungan Wortel

Sebelum memberikannya kepada bayi, Anda perlu mengetahui berapa banyaknya kandungan nutrisi di dalam wortel. Ada zat antioksidan untuk mengatasi racun di dalam tubuh dari berbagai faktor. Wortel menjadi sayuran terbaik karena bisa membantu menjaga daya tahan tubuh bayi yang cenderung masih rentan terinfeksi kuman dan bakteri.

Tidak perlu ragu lagi wortel juga bagus untuk merawat kesehatan kulit bayi yang masih sensitif. Tidak hanya itu sayuran ini sangat membantu sekali menjaga pencernaan. Pada gigi sangat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi agar tumbuh dengan sehat.

Pilih Wortel Terbaik

Pemberian bahan makanan kepada bayi tentu tidak boleh sembarangan agar nutrisi yang didapatkan optimal. Pilihlah wortel dengan bagian pucuk daunnya berwarna segar. Bagian wortelnya tidak layu dan akan menghasilkan bubur yang segar nantinya. Warna wortel yang disarankan adalah orange dan permukaannya halus.

Cara Pengolahan Wortel

Cara pengolahan wortel dengan mencucinya di hari menggali sampai bersih tidak ada bekas tanah. Setelah itu kupas bagian kulit wortel. Pilih wortel yang keras dengan permukaan yang halus dan berwarna oranye terang.

Cuci bersih wortel dengan air mengalir sebelum diolah, kemudian kupas kulit wortel. Setelah itu rebuslah wortel dengan menggunakan air mendidih sampai menjadi empuk lebih kurang 10 sampai 15 menit. Setelah itu tiriskan wortelnya dan bilas dengan air dingin.

Tinggal dicincang-cincang dan dihaluskan dengan menggunakan blender atau pun food processor agar bisa mendapatkan tekstur bubur. Bubur wortel tentunya bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti protein hewani. Anda bisa memilih ayam ataupun daging.

Bahan lainnya bisa dibikin sup terlebih dahulu lalu dihaluskan bersamaan dengan wortel agar rasanya menjadi lebih enak. Wortel juga bisa dikombinasikan dengan kentang sebagai sumber karbohidrat untuk diberikan kepada bayi sebagai MPASI.

Tambahkan garam sesuai dengan porsi yang akan dibuat agar MPASInya enak untuk dinikmati. Pengolahan bubur tim wortel ini bisa dijadikan menu rutin setiap minggunya dengan berbagai kombinasi protein. Setelah bayi sudah naik teksturnya bisa memberikan wortel dengan bentuk finger food yang bisa dijadikan camilan.

Bubur tim wortel bisa dicoba menjadi menu MPASI kapanpun diinginkan. Anda bisa mencoba dengan memberikan bubur tim instan dari brand yang sudah diakui kualitasnya. Tinggal mengikuti cara membuatnya agar mendapatkan bubur tim yang enak. Mulailah dengan porsi kecil untuk mengetahui bayi Anda menyukainya atau tidak agar tidak mubazir.