gambar unggulan

Semangka adalah tanaman merambat yang masih berkerabat dengan labu-labuan seperti melon, timun, dan labu. Buah yang memiliki nama latin Citrullus lanatus ini memiliki ciri khas kulit yang keras, berukuran besar, dan dikenal memiliki biji yang sangat banyak.

smgk min

Buah yang berasal dari Afrika Selatan ini terdapat banyak sekali kandungan nutrisi, mineral, dan senyawa lain yang mampu menyehatkan tubuh. Diantara kandungan nutrisi dalam Semangka adalah:

  • 28 Kalori
  • Protein 0,5 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 6.9 gram
  • Serat 0,4 gram
  • Kalsium 7 miligram
  • Kalium 93,8 miligram
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin C

 

Dengan kandungan nutrisi sebanyak itu, tentunya dapat memberikan manfaat dalam kesehatan tubuh. Namun perlu diingat, makan terlau banyak Semangka ternyata menimbulkan masalah kesehatan lho…jika anda mengonsumsinya terlalu banyak. Apa saja efek samping memakan Semangka terlalu banyak? Berikut daftarnya!

 

  1. Dapat menyebabkan masalah pencernaan

 

Makan semangka terlalu banyak dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut, kembung, gas, dan diare karena kandungan FODMAP yang tinggi.

 

FODMAP adalah gula yang ditemukan dalam makanan tertentu seperti Semangka , yang dapat menyebabkan gejala Iritasi Usus Besar atau IBS pada beberapa orang, yaitu oligosakarida difermentasi (fructans dan rafinosa), disakarida (laktosa), monosakarida (fruktosa) dan poliol (gula alkohol seperti sorbitol, maltitol dan xylitol

 

Para ahli gizi menilai Semangka sebagai makanan denngan FODMAP tinggi karena kandungan fruktosanya. Fruktosa adalah zat monosakarida yang dapat menyebabkan kembung atau ketidaknyamanan saat dikonsumsi dalam jumlah besar.

 

  1. Dapat meningkatkan kadar gula darah

 

Selain mengandung FODMAP yang tinggi, Semangka juga memiliki Indeks Glikemik  (IG) yang besar. Indeks Glikemik adalah satuan yang menunjukkan seberapa cepat makanan berkarbohidrat diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Makanan yang memiliki IG yang tinggi cenderung meningkatkan kadar gula darah Anda. Sehingga risiko terkena diabetes sangat besar.

 

  1. Dapat menyebabkan perubahan warna oranye pada kulit

 

Meskipun jarang terjadi, salah satu penelitian menemukan bahwa makan terlalu banyak Semangka dapat meyebabkan perubahan warna kuning atau oranye pada kulit yang disebut likopenemia.

 

Likopen adalah pigmen yang berperan dalam pembentukan warna merah pada  semangka dan buah-buahan dan sayuran lainnya. Jika dikonsumsi berlebihan, likopen dapat menumpuk di lapisan luar kulit Anda dan mengubah pigmentasi kulit Anda.

 

  1. Dapat Menyebabkan Masalah pada Kardiovaskular

 

Semangka dikenal sebagai sumber potasium yang merupakan nutrisi penting yang memainkan banyak peran dalam menjaga kesehatan tubuh. Potasium menjaga fungsi elektrolit, menjaga kesehatan jantung dan membuat tulang dan otot kita lebih kuat. Namun, terlalu banyak potasium dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti detak jantung tidak teratur dan denyut nadi lemah.

 

  1. Dapat menyebabkan dehidrasi berlebihan atau Over-hidrasi

 

Over-hidrasi adalah suatu kondisi ketika tubuh Anda memiliki kelebihan air di dalamnya, yang menyebabkan hilangnya kandungan natrium. Mengonsumsi semangka dalam jumlah besar dapat meningkatkan kadar air dalam tubuh. Jika masalah ini tidak teratasi secara cepat, maka dapat menyebabkan peningkatan volume darah, pembengkakan pada kaki, kelelahan, ginjal lemah, dan lain-lain.

 

Itulah efek samping mengonsumsi Semangka secara berlebihan. Jadi harus bijak dalam memakannya. Tidak hanya Semangka, tapi makanan lainnya.

 

Untuk membantu anda dalam mencar Semangka berkualitas, TaniHub hadir sebagai produsen sayur, buah-buahan dan berbagai macam kebutuhan dapur lainnya. Kualitas produk yang ditawarkan TaniHub tidak perlu diragukan lagi karena TaniHub bekerja sama dengan ratusan petani lokal sehingga semua produk dijamin kualitasnya dan kesegarannya.

 

Jadi tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi Tanihub sekarang juga melalui Play Store di Android dan AppStore di iPhone anda serta ikuti perkembangan informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub.

 

 

SUMBER

https://id.wikipedia.org/wiki/Semangka

https://food.ndtv.com/health/5-side-effects-of-eating-too-much-watermelon-1843398

https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-side-effects

https://en.wikipedia.org/wiki/FODMAP

 

By penulis