Mencegah Kehamilan

Kontrasepsi darurat, atau “morning after pill”, adalah metode yang efektif untuk mencegah kehamilan dalam beberapa hari setelah hubungan seksual. Metode ini mengharuskan Anda mengambil salah satu dari beberapa jenis produk kondom wanita setiap hari selama beberapa minggu. Metode ini biasanya direkomendasikan untuk wanita yang sangat cemas atau khawatir untuk hamil saat mereka sudah berada pada tahap awal kesuburan. Namun, ini dapat digunakan oleh wanita yang tidak yakin dengan kesuburan mereka dan untuk siapa metode kontrasepsi saat ini tidak cukup efektif.

Kontrasepsi darurat, juga disebut IUD, dapat mencegah kehamilan dengan berbagai cara. Yang paling penting, dapat mencegah kehamilan setelah hanya lima hari hubungan seksual tanpa kondom. Namun, jika Anda hamil, itu tidak akan mencegah atau membahayakan kehamilan Anda dengan cara apa pun. Mereka dapat digunakan bersama dengan metode kontrasepsi lain untuk memastikan Anda mendapatkan kesempatan terbaik untuk hamil setiap bulan.

Mencegah Kehamilan dengan Cara yang Paling Aman

Mencegah Kehamilan

Beberapa metode kontrasepsi mengharuskan wanita untuk mengambil berbagai jenis terapi hormon. Ini termasuk mengambil estrogen, progesteron, atau kadang-kadang kontrol diafragma. Namun, ketika Anda mempertimbangkan bagaimana berbagai jenis kontrasepsi hormonal bekerja, Anda mungkin menemukan bahwa mereka tidak mencakup semua kemungkinan cara tubuh Anda terpapar unsur-unsur sebelum Anda hamil. Akibatnya, berbagai jenis pil KB hormonal telah dikembangkan untuk secara khusus mencegah kehamilan di berbagai tahap kehidupan Anda. Beberapa di antaranya adalah: pil kontrasepsi estrogen/progestogen; pil kontrasepsi progesteron-progestogen; dan pil pengontrol diafragma. Ini hanya beberapa contoh, dan masih banyak lagi di pasaran saat ini.

Di antara jenis pil kontrasepsi darurat yang paling umum digunakan adalah yang mengandung hormon ulipristal asetat. Pil ini paling efektif setelah pembuahan terjadi, karena kadar hormon dalam tubuh jauh lebih rendah daripada saat istirahat. Dua minggu setelah pembuahan terjadi, kadar hormon mulai meningkat lagi. Akibatnya, pil kontrasepsi darurat jenis ini paling efektif jika diminum dalam waktu lima hari setelah pembuahan.

Pilihan lain bagi wanita yang ingin mencegah kehamilan dalam waktu lima hari adalah IUD (alat kontrasepsi dalam rahim). IUD dimasukkan ke dalam rahim menggunakan tabung plastik. Salah satu jenis IUD, yang disebut penyimpangan intrauterin, melepaskan hormon yang mirip dengan kehamilan. IUD ini harus dilepas oleh dokter karena dapat menyebabkan penyumbatan saluran tuba. Jenis IUD lainnya, yang disebut hometre, mencegah kehamilan dengan mencegah sel telur yang telah dibuahi bergerak maju ke dalam rahim. Ini melepaskan hormon yang mirip dengan yang dihasilkan oleh kehamilan ketika dilepaskan di luar tubuh.

Pil KB dapat mencegah kehamilan dengan mengatur lendir serviks sehingga sperma dapat bertahan dan membuahi. Namun, jenis pengendalian kelahiran ini tidak terlalu efektif jika digunakan untuk jangka waktu yang lama. Jenis kontrasepsi lain, kondom, tidak mencegah kehamilan, tetapi mengandung bahan pencegah sperma. Kondom Sutra dapat mencegah kehamilan hingga 100%. Kontrasepsi oral, kombinasi dua hormon wanita yang dikenal sebagai progestin dan bentuk sintetis nonhormonal dari progestin, sangat efektif dalam mencegah kehamilan.

Sebagian besar kontrasepsi oral memiliki beberapa jenis batas waktu seperti periode satu minggu atau siklus bulanan. Beberapa pil KB juga disertai dengan hormon lain, yang disebut progestin. Hormon ini membantu mengatur lendir serviks sehingga sperma tidak bisa bertahan di dalamnya. Jenis pil KB lainnya mencegah kehamilan dengan mengubah hormon seks wanita secara kimiawi pada waktu yang sama setiap hari. Sementara pil ini telah menunjukkan hasil yang sangat baik di masa lalu, pil ini juga menunjukkan hasil yang buruk dalam beberapa tahun terakhir karena kekhawatiran tentang potensi efek samping.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang posisi aktif seksual, metode pengendalian kelahiran untuk meningkatkan jumlah sperma, kunjungi Tes Kesuburan. Fertility Testlines menawarkan berbagai tes dengan harga terjangkau yang akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara menghindari kehamilan dengan mengubah aktivitas seksual Anda. Selain itu, Anda bisa mendapatkan konseling kesuburan online gratis, dari kenyamanan rumah Anda sendiri. Pelajari lebih lanjut hari ini!