Handphone OPPO kita masuk ke dalam barang mewah, sehingga menjadi salah satu objek sasaran untuk dicuri. Saat itu terjadi, maka bukan hanya gadget mahal kita saja yang mengalami kerugian, juga segala macam data dan dalaman dari ponsel itu sendiri.

Seringkali data kita jauh lebih berharga dari ponsel OPPO yang tercuri tersebut, sehingga akan sangat disayangkan jika kita kehilangan ponsel sekaligus dengan isinya. Sudah jatuh ketiban tangga pula!

Untungnya masih ada cara pencegahan yang bisa dilakukan, mungkin lebih tepatnya meminimalkan kerugian yang terjadi.

Sekalipun handphone kita sudah tercuri, maka data kita masih akan tetap aman. Untuk melakukannya, kita bisa menggunakan fitur yang disebut sebagai remote wiping atau penghapusan jarak jauh.

Perlu diingat bahwa sebelum kamu mengaktifkan fitur ini, maka harus senantiasa rajin mengupdate semua data yang ada di handphone OPPO kamu tersebut. Ada 2 macam cara yang bisa dilakukan, yaitu secara lokal (dimasukan ke komputer) dan cloud Google.

Banyak informasi mengenai oppotutorial yang lebih menyarankan kita melakukan backup ke cloud karena jauh lebih praktis, asalkan memiliki internet yang unlimited sehingga tak disarankan bagi para pengguna data kartu yang biasanya dibatasi oleh kuota.

Kemudian perlu diperhatikan pula bahwa fitur ini hanya sebagai langkah terakhir jika kamu sudah benar-benar yakin kalau handphone OPPO kamu telah dicuri atau jatuh ke tangan orang lain.

Jika sudah yakin untuk melakukan penghapusan dari jarak jauh, maka bisa melakukan caranya sebagai berikut:

  1. Buka android.com/find dan masuk ke akun google yang kamu miliki. Pastikan akun tersebut sama dengan akun Handphone Android kamu ya!
  2. Sebenarnya ada pilihan yang bisa digunakan, entah itu mencarinya berdasrakan peta, memainkan suara, mengunci perangkat dengan pin, hingga penghapusan secara total.
  3. Gunakan dulu fitur lokasi peta untuk mencari letak handphone OPPO kamu yang hilang. Jika tak ada, gunakan 3 opsi tersisa.
  4. Opsi mainkan suarabisa membuat handphone kamu berdering dengan suara penuh selama 5 menit sekalipun disetel ke mode hening atau getar. Lakukan cara ini jika handphone terjatuh.
  5. Opsi perangkat amanakan mengunci handphone OPPO kamu dengan pola, pin, atau kata sandi jika diduga handphone telah tercuri.
  6. Gunakan opsi hapus perangkat secara permanen untuk menghapus semua data jika kamu sudah merelakan handphone tersebut dibawa oleh orang lain.

Selalu pertimbangkan semua opsi yang ada, dan pilih sesuai dengan kondisi dan situasi kamu saat ini.