Ajarkan Anak Baca 3 Doa ini dalam Sujud Terakhir | Popmama.com

Seperti yang diketahui bahwa tahiyat awal dan tahiyat akhir merupakan salah satu bagian dari rukun sholat. Sehingga anda harus hafal bacaan tahiyat awal dan akhir.

Bacaan dan gerakan doa tahiyat awal dan akhir bukan hanya dilakukan dalam sholat fardhu saja, tetapi juga dalam sholat sunnah.

Berikut dalil wajibnya membaca doa tahiyat yang diriwayatkan oleh Abdullan bin Buhainah, ia mengatakan,

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengimami para sahabat. Beliau sholat di dua rakaat pertama tanpa duduk (tasyahud awal). Maka orang-orang pun ikut berdiri (tidak tasyahud awal). Sampai ketika sholat hampir selesai, orang-orang menunggu beliau salam, namun ternyata beliau bertakbir dalam keadaan duduk, lalu sujud dua kali sebelum salam. Kemudian setelah itu baru salam.” (HR. Bukhari no. 829, Muslim no 570).

Hadits di atas menceritakan tentang Nabi yang lupa  mengerjakan tasyahud awal, sehingga beliau melakukan sujud sahwi. Hal ini menunjukkan bahwa duduk tasyahud awal dan bacaan doa tasyahud awal merupakan kewajiban, sehingga jika ditinggalkan harus melakukan sujud sahwi.

Hadits lainnya dari Rifa’ah bin Rafi radhiallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jika engkau berdiri untuk sholat, maka bertakbirlah. Kemudian bacalah ayat Al-Quran yang engkau mampu”. Kemudian Nabi juga bersabda di dalamnya: “jika engkau duduk di tengah sholat, maka duduklah dengan tuma’ninah dan bentangkanlah pahamu yang sebelah kiri, kemudian tasyahudlah. Kemudian jika engkau berdiri lagi (untuk rakaat ke-3) maka semisal itu juga sampai selesai sholat.” (HR. Abu Daud no. 860, dihasankan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

Dari hadits di atas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk melakukan tasyahud awal. Itu menunjukkan hukumnya wajib.

 

Cara Duduk Tasyahud Awal

Adapun cara duduk tasyahud awal adalah dengan duduk iftirasy, sama seperti duduk diantara dua sujud, yakni telapak kaki kiri dibentangkan serta diduduki, lalu telapak kaki kanan ditegakkan.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jika kamu duduk di tengah sholat (tasyahud awal), duduklah dengan tuma’ninah, bentangkanlah pahamu yang kiri, kemudian bertasyahudlah.” (HR. Abu Daud no. 860, dihasankan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

 

Bacaan Tahiyat Awal

Berikut bacaan dan doa tahiyat awal,

Attahiyyaatu Lillahi Washshalawaatu Waththayyibaat. Assalaamu ’Alaika Ayyuhannabiyyu Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh. Assalaamu ‘Alainaa Wa ’Alaa ‘Ibaadilaahish Shaalihiin Asyhadu An Laa Ilaaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadan Abduhu Wa Rasuluhu.

Artinya : “Segala penghormatan hanya milik Allah, juga segala pengagungan dan kebaikan. Semoga kesejahteraan terlimpahkan kepada engkau wahai Nabi dan juga rahmat dan berkah-Nya. Dan juga semoga kesejahteraan terlimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang sholih. Aku bersaksi tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Bacaan Tahiyat Akhir

Bacaan tahiyat akhir sama dengan bacaan tahiyat awal cuman ada tambahan bacaan sholawat seperti dibawah ini,

Allahumma Sholli ‘Alaa Muhammad Wa ‘Alaa Aali Muhammad Kamaa Shollaita ‘Alaa Ibrahim Wa ‘Alaa Aali Ibrahim Innaka Hamidum Majid.

Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang bacaan dan doa tahiyat awal dan akhir semoga ada guna dan manfaaatnya.