Nampak seperti Matematika, hampir segala sesuatu di dunia ini memiliki rumus. Tujuannya hanya satu, agar kita lebih mudah dalam menentukan jalur dan tujuan dari hal yang kita lakukan.

Rumus copywriting dibuat dengan berbagai macam faktor, terutama terkait dengan psikologi. Uniknya, rumus dari ilmu ini tak terpatok pada satu jenis saja.

Bahkan saking lateralnya, rumus copywriting cenderung terus berkembang dan lahir dari waktu ke waktu.

Apalagi dengan bermunculannya media-media baru, maka copywriting pun akan senantiasa mengikuti perkembangan zaman tersebut.

Ada 3 buah rumus yang sering digunakan oleh para pegiat copywriter, yaitu 4C, PAS, dan AIDA.

Sekailpun rumus copywriting ini menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi diadaptasi sebagai ilmu baku yang diterima oleh komunitas copywriting Indonesia.

Maka dari itulah, kita bahas satu per satu.

Rumus 4C

4C memiliki kepanjangan Clear, Concise, Compeling, and Credible. Jika dibahasa-Indonesiakan maka berarti Jelas, Ringkas, Menarik, dan Kredibel.

Pertama-tama kita harus mampu membuat copywriting dengan tulisan yang begitu jelas, akan tetapi dengan kalimat yang ringkas. Soalnya kebanyakan orang tak mau membaca terlalu banyak.

Jika ada pembahasan panjang, maka harus diselipkan nuansa menarik tetapi tetap kredibel.

Rumus PAS

PAS juga tak kalah menariknya dalam memberikan janji kesuksesan bagi rumus copywriting kita, yaitu Problem, Agitate, and Solution.

Seperti yang kita tahu bahwa seringkali penjualan terjadi berkat adanya masalah. Dengan begitu, kita pun bertugas untuk mengetahui setiap masalah yang tengah dihadapi oleh para target market kita.

Setelah itu kita tarik mereka dengan janji untuk mengatasi masalah (agitate) melalui kata-kata yang menarik. Barulah berikan solusi berupa produk yang tengah ingin kita jual kepada mereka.

Rumus AIDA

Inilah rumus yang paling banyak digunakan dan populer di kalangan marketer di Indonesia. Dengan kepanjangan Attention, Interest, Desire, and Action, rumus copywriting ini sudah berkali-kali membuat para penggunanya kaya raya.

Attention berarti kita harus mempu menarik perhatian mereka dengan kata-kata sakti di awal copywriting. Interest mulai ada ketertarikan terhadap penawaran yang kita berikan.

Desire adalah tingkat selanjutnya dari rasa tertarik, karena sudah beralih menjadi sebuah kebutuhan. Sementara Action adalah hasil akhir dari ketiga rumus AIDA tersebut.